Dosen FTIK USM Beri Pelatihan Implementasi Sensor Pendukung Teknologi Interaktif Of Thing

HALO SEMARANG – Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat dan merambah ke teknologi yang dinamakan Internet of Things (IoT). Teknologi ini menggunakan dukungan jaringan internet dalam menggerakkan suatu alat elektronik dari jarak jauh hanya dengan menggunakan bantuan ponsel pintar.

Sebagai contoh yakni CCTV yang dapat dipantau pemilik dari jarak yang jauh, pagar rumah yang bisa dibuka tanpa harus pemiliknya turun terlebih dahulu dari mobil, lampu rumah yang dapat dikontrol dan dihidupkan sesuai keinginan pemilik yang berada dari tempat manapun. Lalu printer yang dapat mencetak walau si pemilik berada di tempat yang jauh.

Seiiring perkembangan teknologi tersebut, tentu saja berbanding lurus dengan tuntutan upgrade pengetahuan dan skill bagi pakar dan pelaku di bidang teknologi informasi tentang IoT dan sensor-sensornya.

Dengan dasar tersebut lah, maka Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat bekerjasama dengan SMK Walisongo Semarang mengadakan pelatihan bertajuk “Pelatihan Implementasi Sensor-sensor Pendukung Teknologi Internet Of Things Bagi Guru SMK Walisongo Semarang” pada Kamis (23/12/2021).

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama satu hari bertempat di Lab TKJ SMK Walisongo Semarang. Peserta pelatihan ini adalah seluruh guru Jurusan TKJ SMK Walisongo Semarang.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Febrian Wahyu Christanto, April Firman Daru, Vensy Vydia, dan Yusuf Nurul Hillal yang merupakan dosen FTIK USM. Materi yang disampaikan, yaitu meliputi implementasi sensor jarak GP2Y0A710, sensor suhu LM35, sensor kelembaban DHT11, dan sensor cahaya LDR.

Termasuk materi pelatihan adalah teori fungsi sensor-sensor IoT dan praktek penggunaan sensor dan penggunaan software pendukungnya untuk membangun suatu teknologi IoT.

Dikatakan Febrian Wahyu Christanto, salah satu narasumber pelatihan mengatakan, IoT sekarang ini tidak bisa lepas dari sensor, karena itulah keunggulan IoT sekarang ini yaitu kecanggihannya.

“Dengan dukungan sensor memungkinkan sebuah mobil berjalan sendiri (autopilot), lampu bisa hidup disesuaikan dengan keadaan cuaca dan waktu. Bahkan sebuah akuarium dapat mengontrol kondisi air dan menguras sendiri air yang ada di dalamnya apabila kondisi air atau pH nya sudah tidak bagus untuk kehidupan ikan,” paparnya.

Semua itu, kata dia, dapat dilakukan dan dimonitor pemilik dari jarak jauh hanya dengan klik dari ponsel pintar pemiliknya. Pelatihan yang sudah terlaksana ini disambut baik oleh peserta pelatihan.

Guru SMK Walisongo,  Agus Munif mengatakan, pelatihan ini sangat membantu mereka sebagai guru Jurusan TKJ SMK Walisongo.

”Kegiatan ini tentunya upaya dalam upgrade pengetahuan dan skill tentang IoT dengan tujuan untuk mencetak lulusan yang dapat menjadi pakar dan pelaku teknologi informasi yang berkompeten di bidang IoT,” tutur Agus Munif di sela-sela pelatihan.

Dwi Hartadi, selaku Kepala Sekolah SMK Walisongo Semarang menambahkan, kerjasama-kerjasama antara pihaknya dan USM memang berjalan secara konsisten dan terarah di bidang pendidikan.

“Secara rutin kami mengundang dosen-dosen USM untuk mengisi pelatihan di sekolah kami baik pelatihan untuk siswa maupun pelatihan untuk guru. Tujuannya tentunya,untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Walisongo Semarang,” tutupnya. (HS-06)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Literasi Meyongsong Prestasi
Oleh Achmad Al Amin S.Pd. Literasi memiliki peran krusial dala...
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah...
Pendahuluan Dalam era pendidikan modern, peningkatan kualitas ...
Ziarah Tradisi NU: Membangun Ked...
Pendahuluan Dalam upaya untuk memperkuat dan memelihara tradis...
Peningkatan Keterampilan dan Waw...
Pada tanggal 3 Januari 2023, SMK Walisongo Semarang melaksanak...
Menyenangkan tes ASAS SMK Waliso...
Tantangan dan Prestasi di Jurusan Teknik Jaringan dan Telekomu...
Deklarasi Sekolah Ramah Anak: Me...
Nama penulis Achmad Al Amin S.Pd. Guru SMK Walisongo Semarang ...

Hubungi kami di : 024 8417714

Kirim email ke kamiinfo@smkwalisongosmg.sch.id

Download App Sekolah

Layanan dalam satu genggaman